Detail Cantuman

Image of The Da Peci Code : Misteri Tak Berbahaya di Balik Tradisi Berpeci

Text

The Da Peci Code : Misteri Tak Berbahaya di Balik Tradisi Berpeci



Apa yang tergambar di layar otak pembaca saat membaca judul novel ini?
Mengapa peci menjadi begitu penting dan menjadi sebuah persoalan?
Ini bukan kisah tentang misteri 'peci suci' ala 'cawan suci' yang disembunyikan oleh Biarawan Sion.
Ini adalah kisah mengelitik seorang anak Jakarta yang kritis juga romantis.
Buku plesetan the da vinci code ini bergenre komedi. Namun bukan cuma sisi kocak sedikit nakal dengan percakapan becandaan khas betawi yang ditawarkan penulis, tapi sisi moral, pengetahuan, budaya dan agama diramu. Menceritakan tentang pencarian dan pembenaran mengenai peci menurut 2 pemikiran berbeda dari 2 generasi.
Rosid, sang tokoh utama adalah anak muda berusia awal 20 tahun yang kritis dan berpikiran terbuka. Punya pacar seorang perempuan Kristiani penyuka sastra & rokok, padahal ia sendiri berasal dari keluarga Arab Betawi taat. Seolah hubungan percintaan beda agama (dan suku dan ras) belum cukup rumit, Rosid sering adu mulut dengan Mansur, ayahnya yang selalu memprotes rambut kribo Rosid yang segede gunung hanya karena si anak wajib pakai peci putih sebagai identitas keluarga Al-Gibran.
Bagi Mansur, peci adalah soal tradisi islami Bani Gibran sedangkan bagi Rosid seorang aktivis di Sanggar Banjir Kiriman di Condet peci hanyalah sebuah tradisi, dan nilai-nilai islami tidak bisa begitu saja disimpulkan dari sejulur akar budaya. Apa lagi peci juga dikenal di kalangan Nasrani dan Yahudi. Konflik bapak dan anak bukan hanya soal peci dan cinta semata, tapi juga pilihan kuliah Rosid yang ngotot di IKJ, juga mengupas pemilihan aliran, modern/fundamentalis/liberal..Nama kelompoknya juga lucu namun sangat menggambarkan kondisi saat ini : RADIKAL (Remaja Didikan Allah), FORMALIN (Forum Masyarakat Anti-Aliran Lain), dan MODERAT (Majelis Doa Demi Perdamaian Umat).



Ketersediaan

F0233813 BEN tRak Sastra (SAS 1 Level C)Tersedia

Informasi Detil

Penerbit Rahat Books : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
326 halaman : 17 cm
Bahasa
Indonesia
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain





Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetil XMLKutip ini


Perpustakaan Khazanah Analitika

Chemistry of Literation Lover
Towards the best vocational chemistry school in Indonesia.
Lanjutkan Membaca